Popular Post

Sanz Lemon. Diberdayakan oleh Blogger.
Posted by : Unknown Jumat, 10 Oktober 2014



Post pertama di category Music! Yay! Pada kesempatan ini, saya ingin bercerita tentang salah seorang penyanyi favorit saya, yaitu Hanatan. Bagi mereka yang akrab dengan dunia Vocaloid atau Touhou, mungkin sudah familiar atau setidaknya pernah mendengar nama ini, tapi buat mereka yang tidak, mungkin nama ini masih terdengar asing. Wajar, karena Hanatan bukan penyanyi major label di Jepang. Hanatan “hanya” penyanyi indie, tapi bukan berarti kualitasnya kalah dengan para penyanyi major label.

Hanatan adalah seorang utaite atau penyanyi yang terkenal di situs NicoNico Douga (YouTube-nya Jepang). Selain nama “Hanatan”, dia juga sering mengunakan nickname lain yaitu “Yurica”. Hanatan juga tergabung dalam beberapa komunitas atau circle, dan seringkali merilis album atas nama circle tersebut. Beberapa contohnya antara lain album “Colorful✿Flower” yang dirilis dengan nama circle “Cordelia”, dan album “Blooming Garden” yang dirilis dengan nama circle “MyEuphoria”.

Lagu yang dinyanyikan oleh Hanatan berkisar antara lagu-lagu Vocaloid, lagu-lagu Touhou, maupun proyek original. Genre yang ia nyanyikan sangat bervariasi, mulai dari techno pop, oriental ballad, sampai rock. Salah satu ciri khas Hanatan adalah ia seringkali tidak mencantumkan namanya pada lagu atau video yang ia upload, dan hanya menyertakan simbol ✿ sebagai gantinya. Simbol tersebut melambangkan nickname-nya yang berasal dari kata “hana” yang berarti bunga, sementara akhiran “-tan” merupakan akhiran yang digunakan untuk panggilan terhadap orang yang dianggap cantik atau imut (Hana-tan = Hana-chan).

Ada dua hal yang membuat saya sangat menyukai Hanatan. Pertama, Hanatan memiliki karakter suara yang sangat… …sangat… …apa ya? Susah nemu padanan kata bahasa Indonesia yang sesuai. Hanatan memiliki karakter suara yang sangat versatile. Ia memiliki range nada yang cukup lebar, dan dapat menyanyikan lagu-lagu dengan nada rendah ala Utada Hikaru maupun melengking tinggi ala Mariah Carey. Okay well, mungkin tidak persis sama, tapi kira-kira begitulah gambaran kasarnya.



Selain range nada yang lebar, Hanatan juga memiliki warna suara yang sangat bervariasi. Terkadang ia bernyanyi dengan suara ala J-Pop standar yang datar, terkadang ia bernyanyi dengan suara tebal yang kaya vibrato, bahkan terkadang ia juga bernyanyi dengan suara imut-imut ala vokalis idol group.




Ya, dua lagu itu dinyanyikan oleh orang yang sama.

Hal kedua yang sangat keren dari Hanatan adalah tingkat produktivitasnya. Hanatan termasuk seorang utaite yang sangat produktif. Pada Comiket 82 yang baru saja berlangsung beberapa waktu lalu, ia merilis 2 album sekaligus–satu album solo dan satu album kolaborasi. Pada tahun 2011, ia menelurkan setidaknya 7 album, dan tahun 2009 ia merilis setidaknya 11 album. Saya terpaksa selalu menulis kata “setidaknya” karena saya juga tidak tahu pasti berapa total album yang ia rilis, termasuk album-album Touhou yang bermunculan secepat jamur tumbuh di atas tempe. Menghitung jumlah album Touhou rasanya bagaikan menghitung bintang di langit malam. Agak-agak pointless, kecuali bila kamu adalah hardcore fan dari seri Touhou.

Saya pertama kali mengenal Hanatan dari lagu “Aitai” yang merupakan cover dari lagu Vocaloid GUMI. Mendengar suara Hanatan waktu itu, entah kenapa, mengingatkan saya pada suara Ayumi Hamasaki, salah satu penyanyi J-Pop yang sempat saya gemari waktu sama SMA. Suara Hanatan memang tidak secempreng suara Ayumi Hamasaki, tapi tipe-tipe lagu yang ia nyanyikan dan power yang ada pada suaranya saat ia bernyanyi membuat saya terkenang masa-masa saat Ayumi Hamasaki berjaya. Sampai sekarang saya masih menganggap Hanatan sebagai “The Next Ayumi”, walaupun pandangan itu mungkin tidak sepenuhnya benar.



Bila kamu tertarik untuk mengikuti penyanyi yang satu ini, saya merekomendasikan untuk mengikuti fan page Yurica/Hanatan yang ada di Facebook pada link berikut: http://www.facebook.com/pages/Yurica-Hanatan-%E8%8A%B1%E3%81%9F%E3%82%93/216534888356730

Fan page tersebut memiliki admin yang aktif memberikan update info dan lagu-lagu Hanatan terbaru, dan memiliki banyak member yang juga rajin melakukan sharing terhadap link-link yang berhubungan dengan Hanatan. Berikut ini juga saya berikan album terbaru Hanatan yang rilis pada Comiket 82 lalu. Album yang bertajuk “Dirndl.Frau” ini memiliki tema seputar kisah Little Red Riding Hood. Lagu favorit saya pada album ini berjudul “Ookami wa Akazukin ni Koi wo Shita”, yang bila diterjemahkan menjadi “The Wolf Fell in Love with the Little Red Riding Hood”. Pada lagu ini, Hanatan berkolaborasi dengan seorang utaite bernama Pokota. It’s quite a beautiful song. Enjoy!

- Copyright © 2013 Sanz Lemon (アポ) - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -